Senin, 13 September 2010

kenapa Honda New Megapro cukup Responsif?

 Posted by Taufik in Honda.
Tags:
trackback
Bro sekalian,  pada saat test ride Honda new megapro kemarin . . . hampir semua blogger yang mencoba new Megapro berjar bahwa Motor baru Honda ini cukup responsif. Nah pada artikel khusus ini mari kita sama-sama share apa kira-kira penyebab nya? Setelah mendapatkan penjelasan Produck knowledge dari Honda, saya mengambil kesimpulan Fokus kerja pada enjenir Honda tertumpu pada dua hal . . . Mesin dan Body. Kedua bagian ini ditune sedemikian sehingga power yang dihasilkan dapat lebih efesien ditransformasi menjadi energi Gerak. Oh Ya menurut Klaim Honda .. . new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik.
Dari mesin, New megapro menggunakan Roller Rocker arm yang cukup signifikan mengurangi gesekan mesin, plus bobot piston yang dikurangi dari 144 gr megapro lama menjadi hanya 89 gram NMP 150cc. Ini membuat kerja mesin lebih efesien, power loss di tekan. Kedua effort di efesiensi ini ditambah pula sistem pendinginan yang maksimal dengan penggunaan Oil jet untuk menurunkan suhu piston dan Teknologi 2 way air jacket yang mendingankan inlet dan busi. hmmm hampir mirip dengan apa yang dilakukan Yamaha dengan teknologi Air RAM yang mendinginkan juga daerah busi . . . apa karena sama-sama dari india ya?
Untuk Efesiensi kerja dan performance  yaa ..  paling mudah kita lihat power to weight ratio, selain efesesnsi power, aspek Bobot Motor pun harus juga dipertimbangkan Oleh karena itu Honda berusaha meminimalisasi bobot yang tidak perlu terutama yang letaknya jauh dri titik Konsentrasi massa/ Centre of Gravity. Apa saja yang dilakukan Honda : menggunakan monoshok, memperingan bobot pelat cakram, penggunaan pelk alumunium alloy, menggunakan alumunium sebagai bahan dasar footstep, Triple T dan juga penggunaan bahan nilon pada grip belakang. selain itu menggunakan ban yang tidak terlalu besar juga dapat mengurangi potensi friksi yang dapat mempegaruhi keresponsifan akselerasi motor, silahkan share komentar bro semua, semoga berguna
Taufik of BuitenZorg

info motor ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar